Sunday, March 21, 2010

Arung Jeram Progo Bawah - Yogya


Kata beberapa pecinta arung jeram, Progo Bawah mempunyai jeram yang sangat menantang dengan grade 4 - 5 di musim hujan. Pucuk dicinta ulam pun tiba...di milis Nature Trekker nongol lah event untuk arung jeram di Progo Bawah selama 5 jam yang diadakan oleh Equator Sinergi Indonesia.. Langsung dah mendaftarkan diri :- ). Gak lupa ngomporin teman-teman yang mempunyai minat yang sama. Akhirnya hanya berhasil ngomporin 2 adek gw dan 2 teman yang lain : Ayu & Mbak Ririn. Acara arung jeram sendiri dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2010. 

Progonaline 2
Sabtu pagi yang cerah.. sebenarnya sih berharap banget malamnya hujan, karena level air nya pasti akan naik :-). Sayangnya doa ku tidak terkabul...Tim arung jeram kali ini terbagi dari 2 tim pemberangkatan yaitu Yogya dan Jakarta. Tim dari Yogya berkumpul di taman parkir BI. Total peserta Yogya sebanyak 15 orang pun saling berkenalan satu sama lain. 

Waktu telah menunjukkan jam 7.30 pagi, kami pun berangkat menuju base camp arung jeram di Magelang (sekitar 45 menit naik mobil)...yah sempat ada acara dorong mobil Elf yang tiba-tiba mesinnya mati. Untungnya gak lama menunggu mesin mobil pun menyala.. dalam perjalanan perut yang hanya diisi teh manis panas ini sudah merengek minta diisi...alhamdulillah begitu tiba di lokasi, makanan hangat sudah tersedia. Tanpa basa-basi dahulu dengan peserta Jakarta yang telah tiba terlebih dahulu, kami pun langsung menyantap makanan yang terhidang. Perut pun kenyang.. waktu nya bersiap-siap untuk berarung jeram dan memoles tubuh dengan sun block lotion supaya gak item :)

Eh gak tahu nya, untuk mencapai tepi Sungai Elo, harus naik pick up dulu sekitar 10 menitan. Seru...seru...  Nah di perjalanan di temanin salah seorang skipper yang rame banget... Namanya Jono Item.. (jadi inget ma om Jon yang di Toraja ... gak beda jauh ma nih orang).

Tiba di bibir Sungai Elo, kami pun di briefing teknik mendayung dan rescue apabila kapal terbalik atau ada teman yang terlempar dari perahu karet... tak lupa pemanasan untuk meregangkan otot.

Jam 11 siang pengarungan pun dimulai... semua nya ada 4 perahu dan masing-masing perahu diisi 2 skipper dan 5 peserta. Hmmm...berarti grade sungai hari ini lumayan tinggi kalau skippernya ada 2 orang. Awal-awal pengarungan belum ada jeram yang cukup menggiurkan... 
setelah 1 jam lebih mengarung... perahu menepi sebentar untuk spotting. Jeram yang siap menyambut adalah Jeram Welcome.... setelah cukup lama spotting, satu persatu perahu pun melewati jeram tersebut.... dan semuanya sukses :). Ini dia video nya Jeram Welcome

Pengarungan pun berlanjut...beberapa jeram kecil menemani sepanjang jalan menuju Jeram Budil. Kata skipperku, jeram ini yang paling seram.. Jeram Budil ini diambil dari nama anak Wanadri, almarhum Budi L.,  yang meninggal disitu, kalau gak salah tahun 90-an saat Progo Bawah belum dibuka untuk umum. Tingkat kesulitannya tinggi. Sebelah kiri mainstream besar, ada undercut dan yang pasti kalau lewat situ dan terbalik lalu masuk undercut, ya sudah.. tergantung kuasa Tuhan... bisa selamat bisa meninggal.Setelah spotting sebentar, satu per satu perahu pun melalui jeram ini... ada yang lewat pinggir dan ada yang lewat jalur tengah. Video pengarungannya seperti ini...Jeram Budil

begitu melewati jeram ini, kapal sudah penuh dengan air..sebenarnya seru abiess lewatin Jeram ini... tapi karena lagi merekam selama melewati jeram ini, sensasi nya kurang terasa..hebatnya lagi tidak ada satupun perahu karet yang terbalik...salut dah buat semua peserta dan skipper dari Mendut Raft... 

setelah melewati jeram-jeram terkenal ini, kami tiba di bendungan Ancol dan beristirahat sebentar untuk mengisi perut dengan makanan ringan.. 

Istirahat selama setengah jam cukup untuk mengumpulkan tenaga... pengarungan selanjutnya pun dimulai dengan melewati dam Ancol... gw baru menikmati arung jeramnya.. apalagi pas melewati Jeram Pier yang cukup panjang... seruuu..... skipper kami berulang kali meneriakkan aba-aba untuk "Dayung Kuat.. dayung kuat...." karena kalo ga di dayung..perahu akan berhenti dan berputar-putar di situ... di pengarungan ke dua ini jeram-jeram nya lebih oke dibandingkan jeram di pengarungan pertama walau tidak sedahsyat Jeram Welcome dan Jeram Budil.. 

Ada satu kejadian yang membuat gw sampai saat ini tidak habis pikir kejadian persisnya terlempar keluar dari perahu..padahal saat itu jeramnya sangat kecil... tiba-tiba saja sudah terlempar keluar... he he he... asik juga.. 

Akhirnya pengarungan harus berakhir begitu kami tiba di jembatan Dekso.... setelah berfoto bersama, kami pun kembali ke basecamp arung jeram progo bawah dengan naik pick up. Badan lelah dan basah kedinginan diiringi hujan deras yang turun menemani perut yang sudah minta diisi lagi... Alhamdulillah, tiba juga di basecamp... setelah ngantri mandi, segera menyantap makanan yang sudah dihidangkan panitia. 

At last...two thumbs buat Progo Bawah.. Sungai dengan jeram paling oke di Pulau Jawa & Bali...

Thanks a lot buat Equator Sinergi Indonesia yang sudah menyelenggarakan Progonaline 2...
Buat teman-teman yang kemarin baru kenal.. sampai ketemu lagi di jeram-jeram Sungai Indonesia.. ngutip kata-kata Jarody - "Sungai mempertemukan kita semua"

Foto-foto selengkapnya dapat dilihat di  Progonaline2

- L i l i -

No comments:

Post a Comment